bank
![bank](http://2.bp.blogspot.com/-JQKR3kcZrU8/WFDLI8YsuKI/AAAAAAAAAE0/JIINOuZ1nBkGRFbMnB5LJNlI_u-uJnkaACK4B/s1600/Untitled-1.jpg)
Jasa pengiriman
![Jasa pengiriman](http://4.bp.blogspot.com/-dIIeDGmIvlo/WEd77zOP3MI/AAAAAAAAADw/-yKQvAqc83ALTzunI-6DUf_bZeI3g__owCK4B/s1600/blogger.png)
ahmad.azzuma
![ahmad.azzuma](http://2.bp.blogspot.com/-ghBP9OdiMDE/WEeBLrkmm5I/AAAAAAAAAEQ/dcSOo7pmGJsav7PNVLzeK9jUbpfLlCS7ACK4B/s1600/jhjgjh.png)
Popular Products
-
Detail dan Spesifikasi: Processor Intel Atom Dual Core D525 Clockspeed 1,8Ghz Display VGA Intel HD Graphics...
-
Mengenal Sistem Operasi (Pengertian dan Fungsi) 1. Pengertian Sistem Operasi Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Mengenal Sistem Oper...
-
TOSHIBA NB 510-1007 ( N2600, 2GB, 320GB, 10″, DOS) C800D-1003 (AMD E1 1200, 2GB, 320GB, 14″, DVDRW,DOS ) C800-1024 ( PROC. 1000, 2GB,3...
-
Detail dan Spesifikasi : Processor AMD A6-1450 Clockspeed 1Ghz ( Cache 2MB) Display Size 11.6″ WXGA LED ( To...
-
HP PAVILION DV3000 Processor Core2Duo T5250 – 2.0 Gghz Layar 14.0 inch WLED Hard Drive 160 gb Memory DDR2 1 Gb SD Card Wifi ...
-
Artikel Pendidikan – Pentingnya Semangat Belajar January 05, 2016 by Albert | Keuangan Untuk menambah wawasan bagi yang bekerj...
-
Tehnik dasar permainan :BASKET • Cara memegang bola Cara memegang bola basket adalah sikap tangan ...
-
Pengertian Komputer Terapan Jaringan Komputer terapan jaringan adalah sekelo...
-
BOLA BASKET Sejarah singkat permainan : • Permainan bola basket diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith salah seorang ...
-
Harga : Rp 5.400.000 Spesifikasi : AMD Quad Core A6 1450 1.0Ghz, 11.6” HD Touch Screen, 6GB DDR3, 500GB, AMD Radeon HD 8280, No Optical D...
Women Clothes
Total Tayangan Halaman
Blog Archive
Blog Archive
Diberdayakan oleh Blogger.
Mengenai Saya
Blogroll
Pages - Menu
Pages - Menu
Label:
KOMPUTER JARINGAN
Pengertian Komputer Terapan Jaringan
Komputer
terapan jaringan adalah sekelompok komputer rekayasa (terapan) yang saling
berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan
protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling
berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras dengan
tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim
(Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver). Jadi secara sederhana nya
adalah sekumpulan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media
jaringan secara bersama – sama.
Bagan Sistem Komputer Minimal
Bab 1
Fungsi Bagian Bagan Sistem Komputer Minimal
- Pemroses (processor)
Sebuah Processor / CPU melakukan serangkaian
langkah-langkah untuk menjalankan perintah. Setiap perintah ditangani secara individual
dan CPU dapat memproses beberapa perintah dalam hitungan detik. Semakin kuat
CPU, semakin cepat perintah diproses. Sebuah perintah yang dikeluarkan oleh
pengguna sistem menggunakan perangkat input seperti keyboard atau mouse.
Selanjutnya, perintah dikirim ke unit prefetch. Unit mengakses dimuat didalam
memori CPU untuk mengidentifikasi perintah dan mengirimkannya ke unit perintah.
Selanjutnya, unit perintah menentukan langkah-langkah apa terjadi selanjutnya.
Data ini diteruskan ke unit decode, yang mentransfer data ke dalam kode biner
dan mengirimkannya ke ALU, selanjutnya, ALU mengubah data mentah menjadi
perintah yang sebenarnya. Selanjutnya, ALU mengirimkan salinan perintah ke RAM
atau ROM sebelum mengirimnya kembali ke unit perintah, yang mengirimkan kode ke
bagian dari sistem yang benar-benar akan melakukan tindakan. Akhirnya, aksi
dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke pengguna. Begitulah cara kerja dari
processor.
- Memori utama
Memori
utama berfungsi untuk menyimpan data dan program tetapi bersifat hanya
sementara (tidak permanen). Setiap kali Anda membuka sebuah program, itu akan diambil
dari hard drive ke RAM. Hal ini karena membaca data dari RAM jauh lebih cepat
dibandingkan dengan membaca data dari hard drive. Menjalankan program dari RAM
komputer memungkinkan mereka untuk berfungsi tanpa jeda waktu. Semakin banyak
RAM komputer Anda memiliki, semakin banyak data dapat diambil dari hard drive
ke dalam RAM, yang secara efektif dapat mempercepat komputer Anda. Bahkan,
menambah RAM dapat lebih bermanfaat bagi kinerja komputer Anda daripada upgrade
CPU.
Ada juga yang namanya Memori volatile penyimpanan
komputer yang hanya memelihara data sementara perangkat bertenaga. Sebagian
besar RAM (random access memory) yang digunakan untuk penyimpanan primer dalam
komputer pribadi adalah memori volatile. RAM jauh lebih cepat untuk membaca
dari dan menulis ke daripada jenis lain dari penyimpanan di komputer, seperti
hard disk atau removable media. Namun, data dalam RAM tinggal di sana hanya
saat komputer sedang berjalan; saat komputer dimatikan, RAM kehilangan data.
Volatile memory kontras dengan memori non-volatile, yang tidak kehilangan
konten saat listrik terputus. Memori non-volatile memiliki sumber kontinu
kekuasaan dan tidak perlu memiliki isi memori secara berkala segar.
- Perangkat masukan dan keluaran
Berfungsi
memindahkan data antara komputer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat
penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb. Input / output device, juga dikenal
sebagai perangkat komputer, salah satu dari berbagai perangkat (termasuk
sensor) yang digunakan untuk memasukkan informasi dan instruksi ke dalam
komputer untuk penyimpanan atau pengolahan dan untuk memberikan data diproses
untuk operator manusia atau, dalam beberapa kasus, mesin dikendalikan oleh
komputer. Perangkat tersebut membentuk peralatan perangkat sistem komputer
digital modern.
- Interkoneksi antar komponen (BUS)
Interkoneksi
antarkomponen (bus) adalah struktur & mekanisme untuk menghubungkan
pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran. Interkoneksi Bus komponen penting dari
komputer : arsitektur ini adalah saluran komunikasi, ini menghubungkan berbagai
komponen komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Instruksi bus
memungkinkan komunikasi antara CPU dan memori. Ini membawa ke CPU kata-kata
instruksi program yang akan dioperasikan oleh CPU dari memori atau
mengembalikan instruksi ke memori. Bus dikendalikan oleh CPU. Hal ini mampu
mengirim atau menerima data sementara operan (O) bus sedang menerima atau mengirim
data pada saat yang sama, tetapi hanya dalam satu arah pada satu waktu.
Bab 2
Jenis-jenis mikrokontroler :
1. Mikrokontroler AVR
Mikrokonktroler Alv and Vegard’s
Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit.
Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus
clock.
Mikrokontroler
AVR merupakan salah satu jenis arsitektur mikrokontroler yang menjadi andalan
Atmel. Arsitektur ini dirancang memiliki berbagai kelebihan dan merupakan
penyempurnaan dari arsitektur mikrokontroler-mikrokontroler yang sudah ada.
Berbagai
seri mikrokontroler AVR telah diproduksi oleh Atmel dan digunakan di dunia
sebagai mikrokontroler yang bersifat low cost dan high performance. Di
Indonesia, mikrokontroler AVR banyak dipakai karena fiturnya yang cukup
lengkap, mudah untuk didapatkan, dan harganya yang relatif terjangkau.
A. Varian Mikrokontroler AVR
Antar seri mikrokontroler AVR
memiliki beragam tipe dan fasilitas, namun kesemuanya memiliki arsitektur yang
sama, dan juga set instruksi yang relatif tidak berbeda. Tabel dibawah ini
membandingkan beberapa seri mikrokontroler AVR buatan Atmel.
Keterangan:
- Flashadalah suatu jenis Read Only Memory yang biasanya diisi dengan program hasil buatan manusia yang harus dijalankan oleh mikrokontroler
- RAM (Random Acces Memory) merupakan memori yang membantu CPU untuk penyimpanan data sementara dan pengolahan data ketika program sedang running
- EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) adalah memori untuk penyimpanan data secara permanen oleh program yang sedang running
- Port I/O adalah kaki untuk jalur keluar atau masuk sinyal sebagai hasil keluaran ataupun masukan bagi program
- Timer adalah modul dalam hardware yang bekerja untuk menghitung waktu/pulsa
- UART (Universal Asynchronous Receive Transmit) adalah jalur komunikasi data khusus secara serial asynchronous
- PWM (Pulse Width Modulation) adalah fasilitas untuk membuat modulasi pulsa
- ADC (Analog to Digital Converter) adalah fasilitas untuk dapat menerima sinyal analog dalam range tertentu untuk kemudian dikonversi menjadi suatu nilai digital dalam range tertentu
- SPI (Serial Peripheral Interface) adalah jalur komunikasi data khusus secara serial secara serial synchronous
- ISP (In System Programming) adalah kemampuan khusus mikrokontroler untuk dapat diprogram langsung dalam sistem rangkaiannya dengan membutuhkan jumlah pin yang minimal
B.
Arsitektur Mikrokontroler AVR
Mikrokontroler
AVR sudah menggunakan konsep arsitektur Harvard yang memisahkan memori dan bus
untuk data dan program, serta sudah menerapkan single level pipelining. Selain
itu mikrokontroler AVR juga mengimplementasikan RISC (Reduced Instruction
Set Computing) sehingga eksekusi instruksi dapat berlangsung sangat cepat
dan efisien. Blok sistem mikrokontroler AVR dapat dilihat dalam Gambar 2.1.
Gambar
2.1 Blok Diagram Mikrokontroler AVR
Salah satu seri mikrokontroler AVR
yang banyak menjadi andalan saat ini adalah tipe ATtiny2313 dan ATmega8535.
Seri ATtiny2313 banyak digunakan untuk sistem yang relatif sederhana dan
berukuran kecil. Berikut adalah feature-feature mikrokontroler seri ATtiny2313.
- Kapasitas memori Flash 2 Kbytes untuk program
- Kapasitas memori EEPROM 128 bytes untuk data
- Maksimal 18 pin I/O
- 8 interrupt
- 8-bit timer
- Analog komparator
- On-chip oscillator
- Fasilitas In System Programming (ISP)
Sedangkan ATmega8535 banyak
digunakan untuk sistem yang kompleks, memiliki input sinyal analog, dan
membutuhkan memori yang relatif lebih besar. Berikut adalah feature-feature
mikrokontroler seri ATmega8535.
- Memori Flash 8 Kbytes untuk program
- Memori EEPROM 512 bytes untuk data
- Memori SRAM 512 bytes untuk data
- Maksimal 32 pin I/O
- 20 interrupt
- Satu 16-bit timer dan dua 8-bit timer
- 8 channel ADC 10 bit
- Komunikasi serial melalui SPI dan USART
- Analog komparator
- 4 I/O PWM
- Fasilitas In System Programming (ISP)
Materi lebih lengkap tentang
Mikrokontroler AVR silahkan download disini
2.
Mikrokontroler MCS-51
Mikrokonktroler ini termasuk dalam
keluarga mikrokonktroler CISC (Complex Instruction Set Computer). Sebagian
besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock.
Mikrokontroler
MCS51 buatan Atmel terdiri dari dua versi, yaitu versi 20 kaki dan versi 40 kaki.
Semua mikrokontroler ini dilengkapi dengan Flash PEROM (Programmable
Eraseable Read Only Memory) sebagai media memori-program, dan susunan kaki
IC-IC tersebut sama pada tiap versinya.
Perbedaan
dari mikrokontroler-mikrokontroler tersebut terutama terletak pada kapasitas
memori-program, memori-data dan jumlah pewaktu 16-bit. Perbedaan mikrokontroler
Atmel MCS51 tersebut ditunjukan pada Tabel 1.1 berikut.
Tabel 1.1. Perbandingan antar Mikrokontroler MCS51Atmel
Mikrokontroler
MCS51 Atmel versi mini (20 pin) dan versi 40 pin secara garis besar memiliki
struktur dasar penyusun arsitektur mikrokontroler yang sama. Bagian-bagian
tersebut secara lebih lengkap (detil) ditunjukan dalam diagram blok berikut.
Mikrokontroler
MCS51 Atmel versi 40 kaki mempunyai 32 kaki sebagai port paralel dan 8
pin yang lain untuk konfigurasi kerja mikrokontroler. Satu port paralel
terdiri dari 8 kaki, dengan demikian 32 kaki tersebut membentuk 4 buah port
paralel yang masing-masing dikenal sebagai port 0, port 1, port
2, port 3. Nomor dari masing-masing jalur (kaki) dari port
paralel mikrokontroler MCS51 Atmel mulai dari 0 sampai 7, jalur (kaki) pertama
dari port 0 disebut sebagai P0.0 dan jalur terakhir untuk port 3
adalah P3.7. Mikrokontroler MCS51 Atmel versi mini mempunyai 20 kaki, 15 kaki
diantaranya adalah kaki port 1 dan port 3. 5 kaki yang lain untuk
konfigurasi kerja mikrokontroler. Port 1 terdiri dari 8 jalur yaitu P1.0
sampai P1.7 dan port 3 terdiri dari 7 jalur yaitu P3.0 sampai P3.5 dan
P3.7. Susunan kaki mikrokontroler MCS51 atmel versi 40 kaki dapat dilihat pada
Gambar 2.2 berikut.
Gambar
2.2 Susunan kaki Mikrokontroler
MCS51 Atmel
- Fungsi-Fungsi Kaki (Pin)
A. VCC
Kaki VCC digunakan untuk masukan
suplai tegangan.
B. GND
Kaki (pin) GND funsinya
sebagai saluran ground atau pentanahan.
C. RST
Kaki
RST fungsinya sebagai masukan reset. Kondisi “1” selama 2 siklus mesin
pada saat oscillator bekerja akan me-reset mikrokontroler yang
bersangkutan.
D.
ALE/
Kaki
ALE digunakan sebagai keluaran ALE atau Adreess Latch Enable yang akan
menghasilkan pulsa-pulsa untuk menahan byte rendah (low byte)
alamat selama mengakses memori eksternal. Kaki ini juga berfungsi
sebagai masukan pulsa program (the program pulse input) atau selama
pemrograman flash. Pada operasi normal, ALE akan berpulsa dengan laju
1/6 dari frekuensi kristal dan dapat digunakan sebagai pewaktuan (timing)
atau pendekatan (clocking) rangkainan eksternal.
Kaki
(Program Store Enable) merupakan sinyal baca untuk memori program eksternal.
Saat mikrokontroler MCS51 menjalankan program dari memori eksternal,
akan diaktifkan dua kali per-siklus mesin, kecuali dua aktivasi dilompati
(diabaikan) saat mengakses memori data eksternal.
E.
/VPP
Kaki
/VPP ( Exkternal Access Enable) fungsinya sebagai kontrol untuk
mengakses memori. harus dihubungkan ke ground, jika mikrokontroler akan
mengeksekusi program dari memori eksrternal. Selain itu harus
dihubungkan ke VCC jika akan mengakses program secara internal. Kaki ini
juga berfungsi untuk menerima tegangan 12V (VPP) selama pemrograman flash,
khususnya untuk tipe mikrokontroler 12V volt.
F.
XTAL1
Kaki
XTAL1 merupakan masukan untuk penguat inverting oscillator dan
masukan untuk clock internal pada rangkaian operasi mikrokontroler.
G. XTAL2
Kaki XTAL2 merupakan keluaran dari
rangkaian penguat inverting oscilator
3.
Mikrokontroler PCI
Pada
awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. PIC
termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh
Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General
Instruments dengan nama PIC1640.
PIC memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat output ketika mereka
dipicu oleh sensor dan switch. Program dapat dihasilkan dengan menggunakan
diagram alur dalam perangkat lunak komputer, yang kemudian dapat di-download ke
dalam chip PIC. Mereka dapat ditulis ulang sebanyak yang Anda inginkan. Memori
jenis ini disebut memori flash.
Sebuah mikrokontroler PIC adalah sirkuit terpadu tunggal cukup kecil untuk
muat di telapak tangan dan berisi memori pengolahan unit, Jam dan sirkuit Input
/ Output dalam satu unit. Sebuah mikrokontroler PIC, oleh karena itu, sering
digambarkan sebagai komputer dalam sirkuit terpadu. Mikrokontroler PIC
dapat dibeli kosong dan kemudian diprogram dengan program kontrol tertentu.
Mikrokontroler PIC juga dapat dibeli dengan pra-diprogram seperangkat perintah
yang memungkinkan download langsung dari kabel komputer dan mengurangi biaya
peralatan pemrograman.
4. Mikrokontroler ARM
ARM
adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32bit RISC (Reduced
Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan
singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan kepanjangan
Acorn RISC Machine). Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan untuk PC (Personal
Computer) oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86 prosesor Microsoft
di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Computers bangkrut.
Melalui izin dari seluruh dunia, arsitektur ARM adalah yang paling umum
dilaksanakan 32-bit set instruksi arsitektur. Arsitektur ARM diimplementasikan
pada Windows, Unix, dan sistem operasi mirip Unix, termasuk Apple iOS, Android,
BSD, Inferno, Solaris, WebOS, Plan 9 dan GNU / Linux. Advanced RISC Machine
awalnya dikenal sebagai Mesin Acorn RISC.
Bab 3
Jenis-jenis komputer terapan
jaringan
A.
Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan fungsi alat :
1.
Jaringan Nirkabel atau wireless
adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan
telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti
kabel. Sebuah jaringan
nirkabel, yang menggunakan frekuensi tinggi gelombang radio daripada kabel
untuk berkomunikasi antara node, adalah pilihan lain untuk rumah atau bisnis
jaringan. Individu dan organisasi dapat menggunakan opsi ini untuk memperluas
jaringan kabel yang ada atau untuk pergi sepenuhnya nirkabel. Wireless
memungkinkan untuk perangkat untuk dibagikan tanpa jaringan kabel yang
meningkatkan mobilitas tetapi menurun jangkauan. Ada dua jenis utama dari
jaringan nirkabel; peer to peer atau ad hoc dan infrastruktur.
Sebuah ad-hoc atau jaringan nirkabel peer-to-peer terdiri
dari sejumlah komputer masing-masing dilengkapi dengan kartu antarmuka jaringan
nirkabel. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan semua komputer
nirkabel lainnya diaktifkan. Mereka dapat berbagi file dan printer dengan cara
ini, tetapi mungkin tidak dapat mengakses sumber daya kabel LAN, kecuali salah
satu komputer bertindak sebagai jembatan ke LAN kabel menggunakan software
khusus.
Sebuah jaringan nirkabel infrastruktur terdiri dari jalur
akses atau base station. Dalam hal ini jenis jaringan jalur akses bertindak
seperti sebuah hub, menyediakan konektivitas untuk komputer nirkabel. Hal ini
dapat menghubungkan atau menjembatani LAN nirkabel ke LAN kabel, memungkinkan
akses ke sumber daya komputer nirkabel LAN, seperti server file atau
Konektivitas internet yang ada.
Ada empat tipe dasar dari transmisi standar untuk
jaringan nirkabel. Jenis ini diproduksi oleh Institute of Electrical dan
Electronic Engineers (IEEE). Standar ini mendefinisikan semua aspek frekuensi
radio jaringan nirkabel. Mereka telah menetapkan empat standar transmisi;
802.11, 802.11a, 802.11b, 802.11g.
Perbedaan mendasar antara keempat jenis adalah kecepatan
koneksi dan frekuensi radio. 802.11 dan 802.11b adalah paling lambat pada 1
atau 2 Mbps dan 5,5 dan 11Mbps masing-masing. Mereka berdua beroperasi off dari
frekuensi radio 2,4 GHz. 802.11a beroperasi off dari frekuensi 5 GHz dan dapat
mengirimkan hingga 54 Mbps dan 802.11g beroperasi off dari frekuensi 2,4 GHz
dan dapat mengirimkan hingga 54 Mbps. Kecepatan transmisi aktual bervariasi
tergantung pada faktor-faktor seperti jumlah dan ukuran hambatan fisik dalam
jaringan dan setiap gangguan pada transmisi radio.
Jaringan nirkabel dapat diandalkan, tetapi ketika
mengganggu dapat mengurangi jangkauan dan kualitas sinyal. Gangguan dapat
disebabkan oleh perangkat lain yang beroperasi pada frekuensi radio yang sama
dan sangat sulit untuk mengontrol penambahan perangkat baru pada frekuensi yang
sama. Biasanya jika jangkauan nirkabel Anda terganggu jauh, lebih dari mungkin,
interferensi yang harus disalahkan.
Penyebab utama dari gangguan sinyal radio adalah bahan di
sekitar Anda, terutama zat logam, yang memiliki kecenderungan untuk
mencerminkan sinyal radio. Tak perlu dikatakan, potensi sumber logam di sekitar
rumah banyak - hal-hal seperti kancing logam, paku, membangun isolasi dengan
dukungan foil dan bahkan cat memimpin semua mungkin dapat mengurangi kualitas
sinyal radio nirkabel. Bahan dengan kepadatan tinggi, seperti beton, cenderung
lebih sulit untuk sinyal radio untuk menembus, menyerap lebih banyak energi.
Perangkat lain menggunakan frekuensi yang sama juga dapat menyebabkan
interferensi dengan nirkabel Anda. Misalnya, frekuensi 2.4GHz yang digunakan
oleh produk nirkabel berbasis 802.11b untuk berkomunikasi satu sama lain.
Perangkat nirkabel tidak memiliki frekuensi ini untuk sendiri. Dalam lingkungan
bisnis, perangkat lain yang menggunakan pita 2.4GHz mencakup oven microwave dan
telepon nirkabel tertentu.
Di sisi lain, banyak jaringan nirkabel dapat meningkatkan
jangkauan sinyal dengan menggunakan berbagai jenis perangkat keras. Sebuah
extender nirkabel dapat digunakan untuk relay frekuensi radio dari satu titik
ke titik lain tanpa kehilangan kekuatan sinyal. Meskipun perangkat ini
memperluas jangkauan sinyal nirkabel memiliki beberapa kelemahan. Salah satu
kelemahan adalah bahwa itu meluas sinyal, namun kecepatan transmisi akan
diperlambat.
Ada banyak manfaat untuk jaringan nirkabel. Yang paling
penting adalah pilihan untuk memperluas jaringan kabel Anda saat ini ke area
lain dari organisasi Anda di mana itu akan dinyatakan tidak efektif biaya atau
praktis untuk melakukannya. Suatu organisasi juga dapat menginstal jaringan
nirkabel tanpa secara fisik mengganggu kerja saat ini atau jaringan kabel.
(Wi-Fi.org) Jaringan nirkabel jauh lebih mudah untuk bergerak dari jaringan
kabel dan menambahkan pengguna ke jaringan nirkabel yang ada mudah. Organisasi
memilih untuk jaringan nirkabel di ruang konferensi, lobi dan kantor di mana
menambah jaringan kabel yang ada mungkin terlalu mahal untuk melakukannya.
2.
Jaringan Berkabel (Wired Network) adalah
jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jaringan kabel,
juga disebut jaringan Ethernet, adalah jenis yang paling umum dari jaringan
area lokal (LAN) teknologi. Sebuah jaringan kabel hanyalah kumpulan dua atau
lebih komputer, printer, dan perangkat lain yang terhubung dengan kabel
Ethernet. Ethernet adalah protokol jaringan kabel tercepat, dengan kecepatan
koneksi dari 10 megabit per detik (Mbps) hingga 100 Mbps atau lebih tinggi.
Jaringan kabel juga dapat digunakan sebagai bagian dari jaringan kabel dan
nirkabel lainnya. Untuk menghubungkan komputer ke jaringan dengan kabel
Ethernet, komputer harus memiliki adapter Ethernet (kadang-kadang disebut kartu
antarmuka jaringan, atau NIC). Adapter Ethernet dapat internal (dipasang di
komputer) atau eksternal (ditempatkan di sebuah kasus terpisah). Beberapa
komputer dilengkapi port adaptor Ethernet built-in, yang menghilangkan
kebutuhan untuk adaptor terpisah (Microsoft). Ada tiga topologi jaringan dasar
yang paling umum digunakan saat ini.
Jaringan star, jenis yang lebih sederhana umum topologi,
memiliki satu hub pusat yang menghubungkan ke tiga atau lebih komputer dan
kemampuan untuk printer jaringan. Jenis ini dapat digunakan untuk usaha kecil dan
bahkan jaringan rumah. Jaringan Bintang ini sangat berguna untuk aplikasi di
mana beberapa pengolahan harus terpusat dan beberapa harus dilakukan secara
lokal. Kerugian utama adalah jaringan bintang adalah kerentanan. Semua data
harus melewati satu komputer host pusat dan jika tuan rumah yang gagal seluruh
jaringan akan gagal. Di sisi lain jaringan bus tidak memiliki komputer pusat
dan semua komputer yang terhubung pada sirkuit tunggal. Jenis ini menyiarkan
sinyal ke segala arah dan menggunakan software khusus untuk mengidentifikasi
komputer mendapat apa sinyal. Salah satu kelemahan dengan jenis jaringan yang
hanya satu sinyal dapat dikirim pada satu waktu, jika dua sinyal yang dikirim
pada saat yang sama mereka akan bertabrakan dan sinyal akan gagal mencapai
tujuannya. Satu keuntungan adalah bahwa tidak ada komputer pusat sehingga jika
satu komputer turun orang lain tidak akan terpengaruh dan akan dapat mengirim
pesan satu sama lain.
Jenis ketiga dari jaringan jaringan cincin. Serupa dengan
jaringan bus, jaringan cincin tidak bergantung pada komputer host pusat baik.
Setiap komputer dalam jaringan dapat berkomunikasi secara langsung dengan
komputer lain, dan masing-masing proses aplikasi sendiri secara mandiri. Sebuah
jaringan cincin membentuk loop tertutup dan data yang dikirim dalam satu arah
saja dan jika komputer di jaringan gagal data masih dapat ditransmisikan.
Biasanya jangkauan jaringan kabel dalam 2.000 kaki-radius. Kerugian ini adalah
bahwa transmisi data melalui jarak ini mungkin lambat atau tidak ada. Manfaat
dari jaringan kabel adalah bahwa bandwidth yang sangat tinggi dan gangguan yang
sangat terbatas melalui koneksi langsung. Jaringan kabel lebih aman dan dapat
digunakan dalam berbagai situasi; LAN perusahaan, jaringan sekolah dan rumah
sakit. Kelemahan terbesar untuk jenis jaringan adalah bahwa hal itu harus
rewired setiap kali dipindahkan.
B.
Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan alat koneksi :
1.
Client-Server adalah arsitektur jaringan yang
memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server. Client-server
menggambarkan hubungan antara dua program komputer di mana satu program, klien,
membuat permintaan layanan dari program lain, server, yang memenuhi permintaan.
Meskipun ide client-server dapat digunakan oleh program dalam satu komputer,
itu adalah ide yang lebih penting dalam jaringan.
Dalam
sebuah jaringan, model client-server menyediakan cara yang nyaman untuk
menghubungkan program yang didistribusikan secara efisien di lokasi yang
berbeda. Transaksi menggunakan komputer Client-server model sangat umum.
Misalnya, untuk memeriksa rekening bank Anda dari komputer Anda, sebuah program
klien di komputer Anda ke depan permintaan Anda ke program server di bank.
Program tersebut pada gilirannya meneruskan permintaan ke program klien sendiri
yang mengirim permintaan ke server database di komputer bank lain untuk
mengambil saldo account Anda. Keseimbangan dikembalikan kembali ke data bank
klien, yang pada gilirannya berfungsi kembali ke klien di komputer pribadi Anda,
yang menampilkan informasi untuk Anda.
Client-server
model telah menjadi salah satu ide-ide sentral komputasi jaringan. Sebagian
besar aplikasi bisnis yang ditulis hari ini menggunakan model client-server.
Begitu juga dengan program utama Internet, TCP / IP. Dalam pemasaran, istilah
telah digunakan untuk membedakan komputasi terdistribusi oleh komputer tersebar
lebih kecil dari “monolitik” komputasi terpusat dari komputer mainframe. Tapi
perbedaan ini sebagian besar menghilang sebagai mainframe dan aplikasi mereka
juga berpaling kepada client-server model dan menjadi bagian dari komputasi
jaringan.
2.
Hybrid Network adalah Network yang dibentuk dari
berbagai Topologi dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh,
diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika
di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan
dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari
topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut. Karena topologi ini merupakan
gabungan dari banyak topologi, maka kelebihan / kekurangannya adalah sesuai
dengan kelebihan/kekurangan dari masing-masing jenis topologi yang digunakan
dalam jaringan bertopologi Hybrid tersebut.
C.
Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan ukuran :
1.
LAN (Local Area Network)
Inilah
jaringan komputer yang sangat populer. LAN (Local Area Network) adalah jaringan
komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung,
kantor, dalam rumah dan sekolah.
2.
MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan
Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data
berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,
perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari
beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.
3.
WAN (Wide Area Network)
WAN
(Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar
sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara,
atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router
dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.
4.
Internet
Internet
dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
AKHMAT SAIFUL
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar